CMS or Non-CMS…???

Umumnya, jika ingin membuat sebuah website kita harus memiliki penetahuan tentang bahasa PHP, HTML, java, dan lainnya. Tentu saja dalam mempelajarinya membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang. Dengan teknologi website yang semakin canggih, ada saja cara yang lebih praktis dan bisa dikerjakan oleh orang awam sekalipun. Hanya dengan modifikasi, tanpa harus memahami bahasa pemrograman. Inilah yang disebut dengan CMS (content Management System). Salah satu dari CMS tersebut adalah Joomla. Joomla! Merupakan salah satu sistem aplikasi manajemen situs yang terbuka (Open Source Content Management System – OS CMS). Saya adalah seorang pemula di Joomla, dan saya merasakan perbedaan yang sangat besar antara membuat website dengan CMS dan non-CMS (PHP Murni). Pernah ada yang bertanya, berapa lama biasanya kamu menyelesaikan/membuat sebuah website hingga jadi dan siap di upload..?” itu pertanyaan yang datang ke saya ketika sama sekali saya tidak mengenal CMS. Tahukah kalian, saya menjawab “sekitar 1 bulan-an…”. Mungkin bagi pengguna CMS, itu terlalu lama. Tapi yang disini cara kita berbeda. Mungkin juga bagi teman-teman yang menguasai bahasa pemrograman PHP-HTML-JavaScript, 1 bulan itu juga masih terlalu lama untuk pengerjaan sebuah website.

Saat ini saya masih belajar dan terus belajar. PHP mungkin sudah tidak bisa lepas dari sasaran pembelajaran. Masih kuingat dengan jelas, kapan pertama kali menjadi web design dan web programmer untuk website yang kuciptakan. Ya, waktu itu di semester v, ketika dipertemukan dengan mata kuliah Administrasi Web (Webmaster). Website yang kubuat adalah website dari CH4 (komunitas kami sendiri). Meski belum sempat di upload ke internet hingga saat ini, tapi saya janji kepada teman-teman CH4, suatu hari nanti wajah2 kalian akan eksis di website CH4. Hehehehe…itu kan yang kalian mau???

Kembali ke permasalahan CMS dan Website tadi, kalau ditanya lebih senang mana antara CMS dan non CMS, untuk saat ini saya mungkin lebih senang non CMS (dengan PHP murni). Mengapa? Mungkin karena dengan menjadi web designer dan web programmer sendiri saya lebih mudah memahami dan memodifikasi website itu dengan cara saya sendiri, dan lebih mudah mengetahui dimana letak kesalahan atau error yang ada. Itu pendapat saya hari ini. Entah besok ketika saya sudah mengenali CMS semisal Joomla, WordPress, Drupal, Pixie, dll….

Mohon bantuan teman-teman yang telah lama mendalami CMS..thanks…

Be Sociable, Share!

    You may also like...

    1 Response

    1. I like the valuable information you provide in your articles.
      I will bookmark your blog and check again here regularly.
      I am quite sure I’ll learn a lot of new stuff right here!
      Best of luck for the next!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.