Menyertakan Favicon di URL

Favicon (Favorite Icon) adalah sebuah icon/gambar/foto berukuran mini yang bercokol di pojok kiri Adress browser.
Meskipun tampak kecil dan sepele, ternyata favicon ini dapat menjadi brand(ciri khas yang memiliki website) alias fungsi pentingnya sama dengan logo produk, makanya dibuat semenarik mungkin agar mudah di ingat. Lihat saja contohnya pada situs populer seperti Yahoo, Google, Detik, Studio 21 dan lainnya. Contoh paling dekat, lihat blog ini saja… hehehe

Asyiknya lagi, selain tampil di pojok kiri Adress Browser, favicon ini juga tampil pada tab browser ketika kita membuka beberapa website sekaligus pada tab yang berbeda. Selain itu, Favicon juga tampil pada bookmarks saat kita menyimpan alamat website.

Cara membuatnya seperti ini:

  1. Syarat utamanya, file tersebut harus berekstension *.ico atau *.png dan ukurannya 16*16 pixel atau 32*32 pixel dan bisa dibuat pada program desain grafis seperti photoshop atau fireworks.
  2. Atau jika tidak ingin repot, siapkan saja gambar/logo/foto dalam ukuran berapapun, lalu generate melalui website yang bisa membuat favicon secara otomatis dari gambar yang kita inginkan. Salah satu website tersebut adalah http://favicon.co.cc
  3. Silahkan ikuti instruksi untuk pembuatan favicon pada website tersebut. Apabila sudah mendapatkan gambar faviconnya, letakkan gambar tersebut di folder utama website kita.
  4. Kemudian panggil favicon tersebut di file utama website kita, misalnya index.php, sisipkan diantara tag <head>…</head>, baris berikut:

<link rel=”shortcut icon” href=”favicon.png”/>


Selamat Mencoba…

Be Sociable, Share!

    You may also like...

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.