Distro Linux (Bagian II)

Lanjutan dari artikel pertama bertitel Distro Linux. Pada postingan sebelumnya, saya baru menuliskan 5 distro linux yang sy tahu. Berikut lanjutannya:

  1. SUSE,Linux yang sangat menawan dan cantik dalam mengemas desktop. Penggunaannya yang mudah dan didukung control center yang bagus dengan menggunakan YaST.
  2. Mandriva, merek dagang baru dari Linux Mandrake, yang merupakan gabungan dari Mandrake dan Connectiva.
  3. Knoppix, merupakan pioner Live-CD berbasis Debian. Knoppix selain live, dapat pula di install ke Harddisk seperti linux lainnya.
  4. SimplyMepis, Linux turunan Debian yang istalasinya cukup cepat dan menggunakan GUI. SimplyMepsis selain dapat di install, dapat pula berjalan secara Live-CD.
  5. (K)Ubuntu, Linux turunan Debian yang dikonsentrasikan untuk desktop. Ubuntu menggunakan GNOME sebagai Desktopnya, sedangkan Kubuntu menggunakan KDE.
  6. BlankOn, Distro turunan Fedora yang berasal dari Indonesia. BlankOn mengutamakan penggunaan Desktop yang mudah dan user-friendly.
  7. Xnuxer Linux Live-CD, suatu distro live CD buatan anak bangsa yang dibangun menggunakan Debian Sarge 3.1 dan Knoppix. Pembuatnya adalah Dani Firmansyah, yang pernah melakukan testing keamanan pada sistem informasi KPU yang menghebohkan itu. Xnuxer juga memiliki versi install, yang berbasis Distro Slackware.
Be Sociable, Share!

    You may also like...

    1 Response

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.