Berhenti Memanfaatkan ‘Mafia Skripsi’ Part II

Tahun 2008 lalu, saya pernah membuat blog di http://blog.dipanegara.ac.id , yang di sediakan khusus di lingkungan yayasan dipanegara. Masih teringat jelas judul salah satu postingan saya di blog itu adalah “Berhenti Memanfaatkan Mafia Skripsi”, yang kurang lebih isinya adalah ketidaksetujuan saya pada penerapan istilah ini (Mafia Skripsi) di dalam lingkungan kampus. Yang pada waktu itu menjadi tren di kalangan mahasiswa. Untuk sebagian kalangan, asalkan punya duit, gelar sarjana dengan mudah didapatkan. Sayang sekali ya… 🙂

Karena berbagai alasan, blog yang hanya berisi kira-kira 5 postingan itu akhirnya saya tutup. Respon-respon dari pembacanya pun bermacam-macam. Mulai dari mahasiswa junior, Senior, bahkan dosen angkat bicara melalui komentar. Ada yang setuju, ada yang tidak setuju, ada pula yang menganggap saya berlebihan Saya jadi kaget juga dibuatnya. Bahkan alamat blognya pun sekarang sudah saya lupa. Tapi postingan itu saya sempat pasang juga di salah satu blog.ku tahun lalu ( http://fat04.wordpress.com ) dengan judul yang sama.

Dan sekarang saya baru ingat, saya baru saja membantu teman saya menyelesaikan prog.nya yang kebetulan saya bisa. Dan beberapa hari yang lalu, ada teman yang minta tolong dibuatkan aplikasi yang sama. Saya bingung jadinya, apakah ini bisa juga disebut ‘mafia skripsi’ yang jelas-jelas saya tidak senangi? Waduuhhhh…..

Yang saya tahu, ketika saya membantu mereka, yang ada di pikiran saya adalah :

  1. Niatku hanyalah menolong.
  2. Membantu mereka yang benar-benar tidak bisa.
  3. Susah buatku menolak permintaan teman.
  4. Sekalian saya bisa terus belajar.
  5. Saya tidak membuatkan skripsinya, hanya membuat aplikasi dari skripsinya.
Be Sociable, Share!

    You may also like...

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.