Manfaat Air Putih : Minumlah Cukup Air dan Dapatkan 5 Manfaat Sehat Ini

manfaat-air-putihManfaat Air Putih yang berwarna bening ini memang membawa khasiat baik dalam tubuh dibanding air yang berwarna-warni lainnya.  Banyak dokter yang menyarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena manfaat air putih dirasa sangat berguna bagi kesehatan tubuh, banyak sekali manfaat air putih bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Berikut manfaat air putih bagi kesehatan.berikut ini beberapa manfaat sehat yang bisa Anda peroleh dengan minum cukup air:

  1. Menghindarkan Anda dari Berat Badan Berlebih. Minum banyak air tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Justru Anda akan makan dalam jumlah yang lebih sedikit karena air telah memenuhi perut Anda.
  2. Membersihkan Tubuh. Langsung minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari akan membantu membersihkan usus Anda. Dengan begitu, usus Anda lebih siap mengambil semua nutrisi yang Anda konsumsi sepanjang hari.
  3. Membuat Sel-sel Baru. Tubuh Anda membuat sel-sel baru setiap hari dan air yang Anda minum bisa membantu produksi sel-sel baru. Hal ini juga memungkinkan otot-otot Anda untuk tumbuh lebih cepat setelah berolahraga.
  4. Meningkatkan Metabolisme. Air bisa meningkatkan metabolisme. Jadi minumlah 2 gelas air di pagi hari sebelum Anda beraktivitas agar metabolisme tubuh berjalan lebih baik.
  5. Menyembuhkan Sakit Kepala dan Infeksi Saat sakit, Anda perlu lebih banyak minun. Sebab air tidak hanya bermanfaat melawan infeksi namun juga membuat Anda cepat sembuh. Sakit kepala terkadang diakibatkan karena tubuh kekurangan cairan, nah minum cukup air akan membantu Anda pulih kembali. Karena itu kapan pun Anda merasa tidak enak badan, minumlah satu atau dua gelas air sebelum minum obat.
  6. Membuat Anda tetap Fokus dan Waspada
    Dehidrasi adalah penyebab utama rasa lelah yang terjadi sepanjang hari. Jika rasa letih yang Anda rasakan lebih seperti hilangnya fokus dan dorongan kuat untuk tidur siang, coba minum segelas air putih. Minum air putih cukup akan membuat Anda bekerja lebih baik, paling tidak bisa membuat anda tetap fokus. Perlu Anda tahu, tingkat dehidrasi sebesar dua persen bisa memicu masalah memori jangka pendek. Bisa jadi Anda juga akan mengalami kesulitan berfokus pada apa yang sedang Anda baca di layar komputer.
  7.  Menigkatkan Ketajaman Otak. Berdasarkan penelitian, dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan Anda sudah dapat mengurangi fungsi-fungsi berpikir Anda. Otak memang membutuhkan banyak oksigen agar dapat berfungsi pada tingkat optimal. Dengan banyak minum air putih, Anda bisa memastikan bahwa otak telah terpenuhi kebutuhannya. Selain itu, minum 8-10 cangkir air putih setiap hari bisa memperbaiki tingkat performa kognitif sebanyak 30 persen.
  8.  Mencegah Sakit Jantung. Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas (atau disesuaikan umur) dalam sehari, kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung turun sekitar 41 persen dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari, demikian menurut studi selama enam tahun yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology. Selain itu, kebiasaan minum air putih dalam jumlah minimal lima gelas sehari juga akan mengurangi risiko kanker. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 45 persen, kanker kandung kemih hingga 50 persen, dan kemungkinan juga mengurangi risiko kanker payudara.
  9.  Mengobati Sembelit. Diantara manfaat air putih lainnya, sembelit adalah masalah yang sudah lazim mampu diatasi dengan meminum air putih setiap harinya. Sembelit merupakan masalah klasik banyak orang yang disebabkan kurangnya air dalam tubuh. Untuk menghindari/mencegah sembelit minumlah satu gelas air putih hangat setiap pagi.

Be Sociable, Share!

    You may also like...

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.