Android Atau Blackberry?

android vs blackberryAkhir2 ini orang2 beramai-ramai migrasi pindah dari Blackberry ke android. Terutama setelah BBM untuk android diluncurkan. Tapi buat saya, keduanya ada plus minusnya. Misalnya saja, Blackberry. Salah satu keunggulan ponsel Blackberry yang tidak dimiliki oleh Android atau bahkan smartphone lain adalah teknologi BIS, server data yang dimiliki oleh RIM (Research In Motion). Server data tersebut adalah pusat sinkronisasi data sebelum data tersebut sampai ke pengguna blackberry.

Begitu juga dengan Android. Android adalah sebuah sistem operasi open source berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google. Android memiliki fitur-fitur canggih dan terkini yang tidak dimiliki oleh Blackberry. Dalam hal kecepatan koneksi internet, Android juga lebih diunggulkan dengan hadirnya jaringan 4G. Selain itu dalam hal tampilan, kita bisa memodifikasi dengan Custom ROM atau dengan menggunakan Aplikasi Launcher dan dapat dirubah sesuka hati sedangkan Blackberry harus puas dengan beberapa tema saja.

Harga Android lebih murah dari Blackberry jika dibandingkan secara umum. Namun sayangnya Android mudah sekali habis baterai dan cepat panas.

Namun, paket data di android itu menggunakan sistem kuota. Kalau over kuota, bisa membengkak tagihannya, meskipun masa berlakunya belum habis. Beda dengan Blackberry, satu paket data bisa dipakai untuk sebulan, tanpa perlu khawatir pemakaian kuotanya over.

Jadi, keduanya ada sisi negatif dan positifnya. Nah untuk memutuskan mau pake yang mana, yah tergantung kebutuhan saja.. 😎

Be Sociable, Share!

    You may also like...

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.