Tips Setelah Menjalani Operasi Caesar

Pepatah ‘bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian’ tepat ditujukan oleh ibu hamil yang memilih melahirkan dengan jalur normal. Seorang wanita yang melahirkan secara normal akan merasakan sakit pada saat proses persalinan saja. Namun setelah beberapa jam dari proses persalinan, dia sudah mampu berinteraksi dengan keluarga dan sudah bisa kembali melakukan rutinitas dalam waktu beberapa hari.

Namun, hal itu tidak bisa dirasakan oleh mereka yang memilih operasi caesar. Saat persalinan mereka tidak akan merasakan sakit. Tapi rasa sakit itu akan dirasakan setelahnya. Mereka juga tidak bisa beraktivitas seperti biasa selama masa pemulihan sekitar empat hingga enam minggu.

Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus Anda ketahui Setelah Menjalani Operasi Caesar.

  • Hindari aktivitas berat seperti naik sepeda, lari, angkat beban, aerobik, sit-up dan olahraga lainnya selama enam minggu hingga mendapatkan persetujuan dari dokter.
  • Usai operasi caesar, Anda akan merasakan sakit ketika berjalan. Meski begitu, usahakan untuk berjalan sedikit demi sedikit. Dengan berjalan, Anda dapat melancarkan aliran darah dan membantu mencegah sembelit dan pembekuan darah.
  • Tidur yang cukup. Ketika tubuh sudah merasa lelah, beristirahatlah.
  • Jangan mengangkat barang-barang yang lebih berat dari bayi Anda sampai dokter mengizinkannya.
  • Anda akan mengalami pendarahan pada vagina. Sediakan pembalut.
  • Tanyakan kepada dokter, kapan Anda bisa mulai menyetir mobil dan berhubungan seks.
  • Setelah operasi, buang air besar menjadi tidak teratur. Hindari mengejan ketika sembelit.
  • Ketika batuk atau mengambil napas dalam-dalam, taruh bantal pada luka sayatan di perut Anda. Hal itu bisa mengurangi rasa nyeri pada sayatan.
  • Luka sayatan pada perut juga harus Anda perhatikan. Bersihkan luka tiap hari dengan air hangat dan sabun, namun hindari produk pembersih, seperti hidrogen peroksida karena bisa memperlambat penyembuhan luka. Setelahnya keringkan dengan handuk bersih. Balut luka dengan kain kasa jika luka basah atau bergesekan dengan pakaian. Ganti kain kasa tiap hari. Usahakan daerah sekitar luka selalu dalam keadaan kering.

Rasa takut pasti dirasakan para ibu yang akan melahirkan dan semua dikembalikan lagi  kepada masing-masing individu. Mereka berhak memilih metode persalinan apa pun yang membuatnya nyaman.

Kenikmatan seorang wanita yang tidak dapat dirasakan pria adalah saat dia diberi kesempatan mengandung janin dan melahirkannya. Perjuangan melawan sakit baik saat melahirkan secara normal atau setelah operasi caesar, seakan terbayarkan dengan hadirnya sang buah hati tercinta.

Sumber : alodokter.com

Be Sociable, Share!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.